Manfaat Alami Buah Plum Bagi Kesehatan

Buah plum merupakan buah yang jarang dijual di pasaran tradisional dan belum banyak diketahui oleh orang dan masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan karena tidak semua orang dapat menemukan buah plum dan memakannya. Kelangkaan dan harganya yang cukup mahal membuat buah ini hanya dapat dinikmati kalangan menengah ke atas.

Tanaman yang menghasilkan buah plum ini berasal dari tiongkok sehingga menjadi buah yang harus diimpor jika ingin mendapatkannya di Indonesia. Wajar harga yang dijual menyebabkannya menjadi tinggi karena harus melalui proses impor dan terkena pajak bea cukai.

Namun dibalik harganya yang tinggi rupanya sesuai dengan kandungan yang ada di dalam buah plum ini yang sangat baik untuk kesehatan manusia. Selain itu juga tidak sedikit banyak ahli menganjurkan mengkonsumsi buah plum pasca pemulihan penyakit penyakit berbahaya.

Di dunia ada 4 negara penghasil buah plum terbaik yaitu di China, Amerika Serikat, Serbia, dan Rumania. Pohon plum merupakan tanaman yang hanya tumbuh di negara dengan 4 musim dan berkembang subur ketika musim gugur tiba.

Manfaat Plum Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat buah plum

Buah plum mengandung banyak senyawa vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin A dan C, asam folat, asam askorbat, asam tokoferol, niasin, tiamin, riboflavin dan vitamin K. Mineral penting yang terkandung di dalam plum antara lain seperti kalium, flour, fosfor, magnesium, zat besi, kalsium, dan zinc yang sangat berguna untuk pembentukan sistem daya tahan tubuh manusia.

Selain vitamin dan mineral di atas di dalam buah plum juga mengandung kaya akan anti oksidan seperti flavonoid, lutein, polifenol, cryptoxanthine, zeaxanthine, neochlorogenic, dan klorogenat. Dimana anti oksidan ini mampu mencegah kerusakan DNA dan melawan radikal bebas di dalam tubuh.

Manfaat buah plum lainnya juga berperan dalam memperbaiki metabolisme pencernaan karena kandungan serat yang dimilikinya. Senyaw seperti isatol, sorbitol, dan isatin  dapat mencuci dan membersihkan usus sehingga kita terjauhkan dari sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

Peradangan dan luka yang terjadi pada membran bagian dalam dari tubuh juga dapat dipulihkan dengan buah plum ini. Biasanya luka yang terjadi disebabkan oleh radikal bebas tertentu yang bersarang di dalam tubuh. Zat fenol di dalam buah plum mampu melindungi lemak esensial di dalam inti sel sehingga luka pada membran dapat cepat dipulihkan.

Gangguan pada sistem saraf juga merupakan manfaat buah black plum bagi kesehatan lainnya karena kandungan triptofan dan asam amino dapat menghilangkan penyumbatan yang terjadi pada sistem syaraf manusia. Selain itu buah plum juga dapat membuat tidur menjadi lebih nyaman, meningkatkan fungsi otak, lebih mudah berkonsentrasi, dan meningkatkan nafsu makan.

Baca juga informasi kesehatan tentang Khasiat Bawang Merah Yang Perlu Diketahui.

Itulah beberapa manfaat dari buah plum bagi kesehatan yang perlu kita ketahui karena mungkin banyak dari kita yang belum mengetahuinya. Olahan black plum juga sudah banyak tersedia di pasaran dalam bentuk suplemen makanan ataupun campuran obat herbal.

 

Khasiat Bawang Merah Yang Perlu Diketahui

khasiat-bawang-merahAda banyak bahan bahan di sekitar kita yang sebenarnya memiliki banyak khasiat untuk tubuh kita dan salah satunya adalah bawang merah. Khasiat bawang merah memang cukup unik karena tidak semua orang mengetahuinya. Kebanyakan dari kita pasti hanya mengetahui bawang merah sebagai sebuah bahan alami sebagai sebuah bumbu bumbu untuk bahan masakan. Padahal sebenarnya bawang merah memiliki banyak khasiat tersendiri untuk tubuh dan kesehatan kita. Nah, bagi sobat sekalian yang penasaran dengan apa saja khasiat yang bisa diberikan oleh bawang merah, maka sobat datang ke tempat yang tepat karena kami akan membahasnya sekarang juga.

Khasiat Bawang Merah untuk Kesehatan dan tubuh kita

  1. Bawang Merah mengurangi Resiko Kanker

Salah satu khasiat bawang merah yang cukup efektif untuk tubuh kita adalah bawang merah bisa mengurangi resiko kanker. Ya benar sekali, hal ini benar benar bisa terjadi karena bawang merah sendiri memiliki kandungan senya allium yang memiliki fungsi untuk mengurangi resiko kanker. Selain itu senyawa yang terkandung di dalam bawang merah juga diketahui bisa menghambat pertumbuhan tumor pada tubuh. Selain itu bawang merah juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi serta vitamin C yang membantu menjaga kesehatan tubuh kita.

  1. Bawang Merah baik untuk kesehatan Jantung

Bawang merah merupakan bahan alami yang memiliki kandungan asam amino sulfur dan juga sulfide methylallyl. Kedua kandungan pada bawang merah ini memberikan efek untuk menurunkan kolestrol jahat pada darah kita. Selain itu kandungan ini juga menstimulasi peningkatan kandungan kolestrol yang baik di dalam tubuh kita. Adengan demikian maka bawang merah akan bisa mengendalikan tekanan darah tinggi dan membantu jantung kita lebih sehat. Itulah mengapa bawang merah sangat disarankan bagi mereka yang beresiko mengalami penyakit jantung. Selain itu bawang merah juga bisa membantu mengurangi resiko penyakit yang berhubungan dengan tekanan darah seperti stroke.

Itulah beberapa Khasiat bawang merah yang cukup unik dan tentunya berguna, bagaimana menurut pendapat sobat sekalian? Semoga beberapa informasi di atas bisa berguna untuk kita semua,

Sumber : www.livestrong.com

Beberapa Tahapan Penyakit Hiv Ke Fase Hiv Aids

Ada beberapa informasi yang hars diketahui seputar penyakit Hiv dikarnakan penyakit hiv ini tidak Selalu akan berkembang menjadi ke tahap penyakit AIDS semua tergantung dengan cara pengobatan dan obat-obatan penyakit hiv aids yang dikonsumsi.
Pada faktanya jika seseorang terinfeksi virus HIV bukan berarti ia mengalami penyakit AIDS. Penyakit AIDS adalah sindrom yang ditimbulkan oleh infeksi virus HIV terhadap sistem kekebalan tubuh dalam jangka panjang sehingga infeksi virus HIV menjadi akut. Virus HIV yang bisa mengakibatkan penyakit AIDS adalah virus yang bisa tertahan hingga 3 tahapan infeksi. Pada tahap pertama adalah  fase penularan, fase kedua adalah masa jendela dan fase ketiga adalah fase terakhir dimana sistem kekebalan tubuh sudah rusak karena infeksi virus HIV yang sudah terlalu lama dibiarkan. Waktu yang dibutuhkan dari infeksi virusMasa penyakit aids sangat lama, paling lama adalah 10 tahun. Jika pengobatan hiv aids bisa dilakukan sedini mungkin  kesembuhan bisa saja terjadi dengan cepat dan penyakit AIDS tidak akan terjadi dan penderita hiv aids ini bisa memanfaatkan dengan mulai mengkonsumsi obat hiv aids terbaru.

Fase dan Tahapan Penyakit AIDS

Banyak orang yang telah  melakukan test darah di laboratorium untuk mendeteksi adanya virus HIV dalam tubuh, tidak bisa terdeteksi. Kejadian tersebut sering terjadi karena virus HIV berada di dalam sel darah putih sehingga tidak bisa dideteksi dengan mudah. Apabila gejala yang dialami sudah yakin dikarenakan oleh penyakit HIV tapi ketika test darah tidak terdeteksi maka harus dilakukan berkali-kali dan ditempat yang berbeda dengan selang waktu 2 hingga 3 minggu.
Urutan fase virus HIV bisa membuat penyakit AIDS adalah sebagai berikut:

  • Fase awal
    Fase dimana tubuh seseorang terinfeksi  virus ini biasanya dalam 2 hingga 6 minggu gejala bisa terjadi. Gejala yang terjadi pada fase awal adalah  sakit tenggorokan, sakit kepala yang cukup parah, tubuh lemas, demam tinggi hingga berhari-hari, kulit ruam dan gatal serta kulit menjadi bersisik.
  • Fase kedua
    Setelah seseorang mengalami gejala fase awal  dan sembuh seperti orang pada umumnya seseorang yang terinfeksi virus ini tidak akan mampu memberikan efek negatif pada tubuh. Fase kedua ini seperti terlihat orang yang sehat, ini adalah fase masa jendela yang berarti virus tidak beraksi diluar tubuh sel darah putih sehingga tidak mengakibatkan inflamasi dalam.
  • Fase ketiga
    Sering disebut dengan fase akhir atau AIDS, fase ini bisa mengakibatkan orang tertular hiv bisa mengalami penyakit AIDS. Fase ini terjadi karena virus hiv sudah merusak sebagian besar bahkan semua sistem jaringan kekebalan tubuh. Jika seseorang sudah mencapai fase ini, maka untuk mengalami kesembuhan akan sangat kecil kemungkinannya.
    Untuk melewati ketiga fase di atas virus HIV membutuhkan waktu yang cukup panjang sekitar 5-10 tahun barulah HIV berkembang menjadi AIDS, jadi kemungkinan kesembuhan masih terbuka apabila ditangani sejak dini sebelum terlambat dan memasuki fase ketiga.

Source : cnn.com

Waspadai 7 Gejala Penyakit Diabetes ini !

Jika tingkat gula darah Anda konsisten di angka 200 sampai 350 miligram/dl, itu bisa jadi salah satu gejala gula darah tinggi. Sayangnya seringkali banyak orang tak mengetahui tingkat gula darah mereka dan tak memahami gejala gejala ketika gula darah naik.
Gula darah yang naik tak bisa diremehkan karena bisa meningkatkan risiko terkena diabetes. Hal ini juga bisa menimpa orang yang sama sekali tak berisiko terkena diabetes, sehingga harus benar-benar diwaspadai.

Berikut adalah beberapa gejala yang wajib Anda waspadai ketika gula darah mulai naik:

  1. Sering merasa haus
    Merasa haus adalah salah satu gejala yang paling umum ketika gula darah mulai naik. Tanda lainnya adalah bibir yang kering.
  2. Sering buang air kecil
    Buang air kecil secara teratur memang penting, namun jika frekuensi buang air kecil bertambah sering sebaiknya waspadalah. Ketika gula darah naik, biasanya orang akan lebih sering merasa ingin buang air kecil bahkan ketika kandung kemih mereka kosong.
  3. Lesu
    Gula darah yang meningkat juga bisa membuat Anda merasa lesu dan tidak bersemangat. Selain itu gejala lainnya termasuk selalu merasa lelah, pandangan kabur, dan sakit kepala.
  4. Nafsu makan bertambah
    Ini adalah salah satu gejala yang paling umum. Jika Anda sering merasa lapar bahkan setelah makan atau pada jam-jam yang aneh, sebaiknya segera periksakan tingkat gula darah Anda.
  5. Dehidrasi
    Rasa dehidrasi biasanya muncul ketika orang kurang minum. Namun jika Anda memiliki kecenderungan diabetes, sebaiknya waspadalah karena dehidrasi juga salah satu tanda gula darah yang meningkat.
  6. Penurunan berat badan
    Berat badan yang tiba-tiba menurun adalah salah satu tanda dari banyaknya masalah kesehatan termasuk gula darah yang tinggi. Jika Anda tiba-tiba mengalami penurunan berat badan sebaiknya segera cek kesehatan.
  7. Glukosa dalam urine
    Orang yang memiliki tingkat gula darah tak akan mengeluarkan glukosa dalam urine mereka karena glukosa akan diserap oleh ginjal. Namun jika tingkat gula darah naik, kemungkinan akan ada glukosa dalam urine. Jika Anda melihat ada semut yang berkumpul di sekitar kamar mandi setelah Anda buang air kecil, bisa jadi ada glukosa dalam urine Anda. Segera periksakan diri.

Simak Juga : Cara Mengobati Diabetes dengan Herbal

Gejala di atas tampak sepele dan tak berkaitan dengan penyakit diabetes. Namun jika Anda mengalami gejala gejala di atas, sebaiknya segera periksakan tingkat gula darah Anda. Segera atasi sebelum gula darah yang naik berimbas lebih fatal dan menyebabkan diabetes kronis.

article source : www.nbcnews.com/

Gejala Kanker Paru Paru Non Small Cell Lung Cancer (NSCLC)

Gejala kanker paru paru
Gejala kanker paru paru

Gejala kanker paru paru NSCLC dapat diamati secara gampang dan mudah. Pertumbuhan jemis kanker ini tergolong sangat lambat. Kanker jenis ini dapat menyebabkan gangguan pada saluran pernapasan sehingga menjadikan kita sulit bernapas. Kanker jenis ini di sebut juga sebagai adenokarsinoma paru-paru atau bisa juga di sebut dengan karsinoma sel skuamosa. Jenis kanker paru paru ini merupakan jenis paling umum yang banyak diderita orang.
Gejala awal pada kanker paru paru non small cell lung cancer:
• Sesak napas.
• Nyeri pada bagian dada.
• Timbulnya penyakit paru paru basah (pneumonia) yang tidak hilang.
• Batuk Darah.
• Demam.
Gejala tahapan berikutnya:
• Suara serak, sel kanker dapat merusak saraf suara dimana saraf ini mengontrol pita suara.
• Sesak napas, sel kanker yang telah menyebar di wilayah paru-paru dan pleura yang menutupi paru paru.
• Sulit menelan makanan, sel kanker yang telah menyebar pada saluran makanan yang menghubungkan dari mulut ke perut.
• Wajah membengkak, hal ini disebabkan karena tekanan vena kava superior dikarenakan pertumbuhan tumor dan penyebarannya sudah tersebar di bagian jantung.
• Hiperkalsemia, mual, muntah, sembelit, kelemahan, dan kelelahan. Hal ini di sebabkan karena kanker paru-paru memiliki kandungan zat yang menghilangkan kalsium dari tulang dan mengalirkannya ke dalam aliran darah.
• Horner syndrome, menyebabkan nyeri bahu yang sangat parah, dan bagian kelopak mata mengendur dan lemah.
• Pancoast syndrome, dimana gejala ini berupa nyeri, tidak bertenaga, atau mati rasa pada bagian lengan atau tangan.
• Paraneoplastic syndrome, sering buang air kecil, rasa haus, sembelit, mual, muntah, nyeri perut, lemah, kelelahan, pusing, merasa bingung, dan pertumbuhan berlebih pada payudara pria.
Jenis kanker non small cell lung cancer dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan sistem penyebarannya hingga menjadi kanker paru paru, antara lain:
1. Adenokarsinoma. Jenis ini paling umum merupakan jenis kanker paru paru bagi mereka yang suka sekali merokok. Kanker ini berkembang dekat tepi paru paru yang membahayakan daerah sekitarnya seperti pleura yaitu selaput yang menutupi paru paru.
2. Karsinoma Sel Skuamosa. Jenis kanker ini terbentuk di dekat pusat paru-paru. Hal ini mengkibatkan saluran udara menjadi besar, sehingga membentuk rongga di dalam paru-paru.

baca juga info mengenai obat kanker paru paru alami yang ampuh.

3. Karsinoma Sel Besar. Jenis kanker ini berkembang di sekitar tepi paru-paru dan berkembang ke pleura.
Jenis kanker paru paru ini pada umumnya tidak akan menimbulkan gejala dan tanda tanda yang signifikan pada tahap awal. Biasanya, tanda dan gejala mulai timbul jika sel kanker sudah menyebar luas dan termasuk akut. Biasanya gejala awal terkenanya kanker paru-paru adalah batuk ringan dan sulitnya bernapas. dengan perkembangan kanker yang semakin maju pesat gejala akan semakin tambah parah.

sumber : www.lungcancer.org