Waspadai Penyakit Ini Jika Kurang Serat

Terkadang kita sering tidak menyadari bahwa tubuh kita mengalami kekurangan serat dan tidak menghiraukannya padahal banyak gejala gejala yang muncul. Hal ini dikarenakan banyaknya makanan cepat saji atau instan yang tidak memperhatikan keseimbangan gizi di dalamnya sehingga terlalu banyak lemak dan kolesterol yang masuk ke dalam tubuh.

Waspadai Penyakit Ini Jika Kurang Serat

Berikut berapa penyakit yang mengancam kesehatan Anda jika tubuh mengalami kekurangan serat, antara lain adalah:

Radang Usus

Tinja yang keras dapat terjebak dalam usus buntu sehingga menyebabkan penyumbatan dan peradangan usus buntu. Sembelit kronis dapat menyebabkan peradangan pada saluran pencernaan, termasuk radang perut.  Sembelit kronis juga dapat menyebabkan radang usus disebut diverticulitis.

Hernia

Hernia adalah suatu penyakit penurunan usus sehingga menjadi menimbulkan lipatan pada paha. Hernia dapat terjadi karena konstipasi akan mengakibatkan seseorang mengejan terlalu kuat dan menyebabkan usus menjadi turun.

Wasir atau Ambeien

Wasir atau Ambeyen merupakan pembuluh darah yang membengkak di rektum dan usus besar bagian bawah. Sama seperti hernia, wasir terjadi kemungkinan akibat dari mengejan terlalu kuat karena tinja mengeras, kondisi ini disebabkan karena kurangnya serat.

Berat Badan Meningkat

Fiber dalam makanan dapat membantu memberikan rasa kenyang sehingga kurangnya serat akan membuat seseorang makan lebih banyak dan akan memiliki berat badan yang meningkat.

Peningkatan Kadar Kolesterol

Mengkonsumsi lebih sedikit makanan serat juga dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat atau LDL dalam darah yang dapat mengakibatkan dislipidemia.  Timbulnya kekakuan aterosklerosis dan penyempitan pembuluh darah. Hal ini dapat terjadi karena kolesterol tinggi tingkat signifikan akan meningkatkan pembentukan aterosklerosis pada pembuluh darah.

Ancaman Penyakit Darah Tinggi

Kolesterol dan aterosklerosis akan mempengaruhi peningkatan tekanan darah, baik sistolik dan diastolik. Atherosclerosis dan tekanan darah tinggi dapat menyebabkan berbagai penyakit lain yang berhubungan dengan pembuluh darah seperti penyakit jantung, penyakit ginjal dan stroke.

Penyakit penyakit di atas baru penyakit awal saja yang dapat memicu penyakit lebih serius seperti kanker usus atau gagal ginjal yang sangat berkaitan dengan pencernaan. Oleh karena itu jagalah sistem pencernaan Anda dengan memenuhi kebutuhan asupan serat kalian sehari hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *