Beberapa Tahapan Penyakit Hiv Ke Fase Hiv Aids

Ada beberapa informasi yang hars diketahui seputar penyakit Hiv dikarnakan penyakit hiv ini tidak Selalu akan berkembang menjadi ke tahap penyakit AIDS semua tergantung dengan cara pengobatan dan obat-obatan penyakit hiv aids yang dikonsumsi.
Pada faktanya jika seseorang terinfeksi virus HIV bukan berarti ia mengalami penyakit AIDS. Penyakit AIDS adalah sindrom yang ditimbulkan oleh infeksi virus HIV terhadap sistem kekebalan tubuh dalam jangka panjang sehingga infeksi virus HIV menjadi akut. Virus HIV yang bisa mengakibatkan penyakit AIDS adalah virus yang bisa tertahan hingga 3 tahapan infeksi. Pada tahap pertama adalah  fase penularan, fase kedua adalah masa jendela dan fase ketiga adalah fase terakhir dimana sistem kekebalan tubuh sudah rusak karena infeksi virus HIV yang sudah terlalu lama dibiarkan. Waktu yang dibutuhkan dari infeksi virusMasa penyakit aids sangat lama, paling lama adalah 10 tahun. Jika pengobatan hiv aids bisa dilakukan sedini mungkin  kesembuhan bisa saja terjadi dengan cepat dan penyakit AIDS tidak akan terjadi dan penderita hiv aids ini bisa memanfaatkan dengan mulai mengkonsumsi obat hiv aids terbaru.

Fase dan Tahapan Penyakit AIDS

Banyak orang yang telah  melakukan test darah di laboratorium untuk mendeteksi adanya virus HIV dalam tubuh, tidak bisa terdeteksi. Kejadian tersebut sering terjadi karena virus HIV berada di dalam sel darah putih sehingga tidak bisa dideteksi dengan mudah. Apabila gejala yang dialami sudah yakin dikarenakan oleh penyakit HIV tapi ketika test darah tidak terdeteksi maka harus dilakukan berkali-kali dan ditempat yang berbeda dengan selang waktu 2 hingga 3 minggu.
Urutan fase virus HIV bisa membuat penyakit AIDS adalah sebagai berikut:

  • Fase awal
    Fase dimana tubuh seseorang terinfeksi  virus ini biasanya dalam 2 hingga 6 minggu gejala bisa terjadi. Gejala yang terjadi pada fase awal adalah  sakit tenggorokan, sakit kepala yang cukup parah, tubuh lemas, demam tinggi hingga berhari-hari, kulit ruam dan gatal serta kulit menjadi bersisik.
  • Fase kedua
    Setelah seseorang mengalami gejala fase awal  dan sembuh seperti orang pada umumnya seseorang yang terinfeksi virus ini tidak akan mampu memberikan efek negatif pada tubuh. Fase kedua ini seperti terlihat orang yang sehat, ini adalah fase masa jendela yang berarti virus tidak beraksi diluar tubuh sel darah putih sehingga tidak mengakibatkan inflamasi dalam.
  • Fase ketiga
    Sering disebut dengan fase akhir atau AIDS, fase ini bisa mengakibatkan orang tertular hiv bisa mengalami penyakit AIDS. Fase ini terjadi karena virus hiv sudah merusak sebagian besar bahkan semua sistem jaringan kekebalan tubuh. Jika seseorang sudah mencapai fase ini, maka untuk mengalami kesembuhan akan sangat kecil kemungkinannya.
    Untuk melewati ketiga fase di atas virus HIV membutuhkan waktu yang cukup panjang sekitar 5-10 tahun barulah HIV berkembang menjadi AIDS, jadi kemungkinan kesembuhan masih terbuka apabila ditangani sejak dini sebelum terlambat dan memasuki fase ketiga.

Source : cnn.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *