Pantangan Makanan Untuk Penderita Kanker Kelenjar Getah Bening

Keluhan kesehatan tentang kanker kelenjar getah bening cukup memberikan rasa khawatir kepada penderitanya. Selain ganas, penyakit ini juga bisa menyebar ke organ tubuh di dekatnya. Oleh karena itu, pemeriksaan gejala gejala yang muncul merupakan langkah awal yang tepat.

Tetapi banyak orang yang menganggap sepele gejala yang muncul, sehingga kanker terlanjur berkembang dan berlanjut ke stadium yang lebih parah. Jika sudah demikian, pengobatan pun akan berlangsung lama dan membutuhkan biaya yang lebih banyak.

Pengobatan juga harus disertai dengan pengetahuan tentang makanan apa yang tidak boleh dikonsumsi. Pasien juga harus tahu bahwa ada beberapa makanan yang harus di hindari, yaitu Pantangan Makanan Kanker Kelenjar Getah Bening yang sudah semestinya tidak di konsumsi.

Dengan menghindari makanan tersebut tentunya akan membantu proses pengobatan kanker kelenjar getah bening yang sedang di jalani. Jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita kanker kelenjar getah bening.

  1. Aneka jenis seafood, jenis makanan ini mengandung kadar kolesterol tinggi yang bisa merangsang pertumbuhan kanker menjadi lebih cepat sehingga kita tidak boleh mengkonsumsinya seperti: kerang, kepiting, udang dan cumi.
  2. Daging Unggas, peternakan modern biasanya sering memberikan hormon pertumbuhan agar ternak tersebut cepat gemuk, tentunya zat yang terkandung didalamnya dapat memicu kanker kelenjar.
  3. Ikan Asin, proses produksi yang melalui proses penguraian dengan mencampurkan bahan allergen akan bereaksi terhadap daya tahan tubuh. Jika dikonsumsi oleh penderita kanker maka akan memberikan reaksi pada bagian tubuh yang terkena kanker seperti: nyeri, berdenyut, meriang, bengkak, dan gatal. Ditambah terkadang ikan asin ditambahkan zat berbahaya seperti formalin, oleh karena itu kita harus menghindari makanan ini.
  4. Makanan yang Diawetkan, penambahan zat pengawet pada makanan dapat memicu pertumbuhan sel kanker. Selain makanan yang diawetkan kita juga harus menghindari makanan yang diolah dengan cara dibakar, karena sama halnya dengan makanan yang di awetkan, keduanya mengandung zat karsinogen yang dapat mengaktifkan sel kanker. Baca juga : pengobatan alami kanker kelenjar getah bening.
  5. Buah dan Sayur, beberapa jenis buah dan sayur yang harus dihindari oleh penderita kanker kelenjar getah bening, buah seperti duku, durian, nanas, nangka dan lengkeng, kandungan gula alkoholik dalam buah tersebut dapat merangsang perkembangan sel kanker. Sayuran seperti sawi putih, tauge, dan cabai juga harus dihindari karena dapat mengurangi efektivitas kinerja penyembuhan oleh obat obatan.

Ketika sedang sehat biasanya banyak orang yang tidak memperhatikan pola makannya sehingga tanpa disadar banyak penyakit yang mengancamnya. Ini mengingatkan kita bahwa faktor makanan yang dikonsumsi juga penting untuk diperhatikan.

Apalagi terutama pada penderita kanker, kita harus benar benar memilih makanan sehat untuk membantu pengobatan kita dan menghindari pantangan makanan yang dapat memicu perkembangan sel kanker. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan dapat menolong kita semua dalam melawan kanker kelenjar getah bening.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *