Cara Cara Untuk Mengatasi Rasa Marah

Penyebab dari tingginya keributan konflik ataupun perselisihan di dunia ini adalah amarah. Amarah yang meledak ledak dapat menimbulkan kerugian bagi banyak pihak. Selain menimbulkan kerugian tersebut ternyata amarah atau emosi juga tidak baik bagi kesehatan tubuh kita.

Yang paling umum adalah amarah atau emosi dapat menyebabkan pikiran kita menjadi stres dan stres tersebut dapat memicu penyakit penyakit lainnya di tubuh kita. Untuk itu sebisa mungkin kita mengontrol dan mengendalikan emosi dan amarah kita. Banyak faktor danĀ  penyebab yang dapat menimbulkan kemarahan pada seseorang .

Nah pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara cara yang dapat dilakukan untuk menahan kemarahan tersebut. Berikut beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengontrol amarah dan emosi serta menghindari efek buruknya.

Jalan Jalan atau Refreshing
Cara pertama yang cukup jitu untuk mengontrol dan menghindari kemarahan adalah dengan berjalan jalan. Apabila Anda sedang dalam perselisihan yang dapat membuat Anda berhujung pada kemarahan, sebaiknya Anda memilih untuk meninggalkan lawan bicara anda dan segera melakukan kegiatan jalan jalan atau mencari hiburan. Hal tersebut dilakukan untuk menghilangkan pikiran pikiran negatif yang dapat memicu amarah anda.

Melakukan Komunikasi
Cara selanjutnya adalah berbicara. Nah cara ini bisa dijadikan cara yang tepat untuk menghilangkan amarah atau emosi anda. Jika anda sedang mengalami emosi atau kekesalan pada seseorang, ajak seseorang yang membuat Anda marah atau kesal tersebut untuk berbicara. Bisa saja dia melakukan kesalahan tanpa disengaja. Jadi, Anda perlu memberitahukan kepadanya sehingga amarah anda bisa terselesaikan dan tidak menjadi hal yang negatif pada diri anda.

Berteriak
Cara yang ketiga ini paling sering dilakukan baik di dalam acara televisi maupun di kehidupan nyata. Banyak orang menghilangkan stress dengan cara berteriak. Sebenarnya, berteriak hanyalah sugesti untuk membuat pikiran anda menjadi lebih tenang. Tetapi, justru dengan sugesti yang kita tanamkan pada pikiran kita tersebut, kemarahan akan berangsur hilang bukan karena teriakan nya amarah kita hilang.

Meminta Bantuan Dari Orang Lain
Nah cari yang terakhir ini mungkin dapat dibilang terlalu ekstrim, karena hingga memerlukan bantuan dari pihak lain. Hal ini bearti anda sudah sangat sulit dalam mengontrol emosi anda sendiri.

Untuk mengatasi masalah amarah atau emosi yang tak kunjung padam maka disarankan untuk segera konsultasi pada dokter syaraf. Karena, bisa saja yang memicu hal tersebut adalah terjadinya kelainan atau gangguan syaraf seperti post traumatic disorder, depresi, atau hal hal lain semacamnya.

Nah itulah cara cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi amarah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *